Relawan DPU-Daarut Tauhiid Yogyakarta hadir kembali dalam agenda kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pada hari Ahad, 24 April 2016. Baksos kali ini dilaksanakan di Dusun Banombo B, Desa Pucanganom, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi merupakan daerah perbukitan kapur yang berjarak sekitar 25 km ke arah timur dari kota Wonosari. Lokasi tersebut dapat dicapai dengan penuh perjuangan karena kondisi jalanan yg tidak mudah, berlubang, dan licin. Namun, semua itu terbayar dengan lukisan alam secara nyata atas ayat-ayat kauniyah Allah, dan terpaparkan pula udara yang segar dan menyegarkan. Maka, kelelahan kami dalam perjuangan ke tempat lokasi terbayarkan :)

Udara dingin yang menusuk tulang tidak menyurutkan semangat teman-teman relawan untuk bangkit dari selimut yang menghangatkan demi mengumandangkan adzan subuh di Dusun Banombo B untuk membantu masyarakat berbondong-bondong terseru atas panggilan Allah swt. Air pegunungan menyegarkan tubuh-tubuh kami para relawan selepas beristirahat untuk kembali beribadah melayani ummat.

Bakti sosial relawan DPU DT Jogja

Rangkaian  kegiatan baksos dimulai dengan sholat Shubuh berjamaah yang kemudian dilanjutkan kultum. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan acara senam pagi dan sholat Dhuha bersama anak-anak setempat.
baksos relawan DPU DT Jogja

Pengajian baksos relawan DPU DT Jogja

Pukul 9.00 sampai menjelang Dhuhur ada kegiatan pengajian kocak namun sarat makna oleh Ustadz Agus. Pada saat yang bersamaan, dilakukan juga kegiatan "having fun" bersama anak-anak yang dipandu oleh kakak-kakak dari DPU-Daarut Tauhiid.
Relawan DPU DT Jogja bersama anak-anak Rongkop Gunungkidul
Relawan DPU DT Jogja bersama anak-anak Rongkop Gunungkidul
Bakda Dhuhur, kegiatan dilanjutkan dengan bazaar baju layak pakai di pendopo joglo yang tidak jauh dari masjid. Suasana yang cukup meriah terjadi saat para warga merubung di area bazar tersebut. Mereka sangat antusias sampai-sampai hanya sebagian kecil baju yang tersisa.
Bazaar bakti sosial relawan DPU DT di Rongkop Gunungkidul
Bakti sosial relawan DPU-DT di Rongkop Gunungkidul
Di lokasi yang sama, berlangsung pula pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Pada kesempatan kali ini, relawan juga memperkenalkan pengobatan ala nabi kepada warga, yaitu bekam.
Pelayanan kesehatan oleh relawan DPU DT Jogja
Pelayanan kesehatan oleh relawan DPU DT Jogja
Kegiatan baksos Insya Allah akan rutin dilaksanakan setiap bulan oleh Relawan DPU-Daarut Tauhiid Yogyakarta sebagai sarana syiar Islam serta wujud kepedulian terhadap sesama.
Bakti sosial relawan DPU DT Jogja