Pada tanggal 23 bulan Agustus tahun 2016, bertempat di Lapangan Dusun Banyumeneng 2. Kelompok 124 Kuliah Kerja Nyata UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kerjasama dengan DPU Daarut Tauhiid Yogyakarta telah mengadakan kegiatan “Pengajian Akbar” dalam rangka perpisahan KKN angkatan 90 di dusun setempat. Panitia Pengajian Akbar tersebut mengangkat tema Bersama Warga Banyumeneng Membangun Ukhuwah Islamiyah” hal dilandasi karena panitia berharap masyarakat yang ada di Dusun Banyumeneng ini bisa lebih gayeng, kompak, dan menjadikan Dusun Banyumeneng berakhlakAtas izin Alloh SWT Pengajian Akbar ini kurang lebih dihadiri oleh 300 warga Banyumeneng yang terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu maupun anak-anak. Dalam pengajian akbar ini panitia mendatangkan pembicara dari Bantul yaitu Ustadz Suwardiman untuk mengisi mau’idzoh khasanah pada malam itu.

Pengajian Akbar ini dimulai kurang lebih pada pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Sebelum memasuki acara inti yaitu pengajian akbar, diisi dengan pembagian hadiah Lomba Festival Anak Sholeh dengan lomba Da’i Cilik, Mewarnai Kaligrafi, dan Hafalan Surat serta diakhiri dengan penampilan dari santri-santriwati TPA yang berkolaburasi dengan peserta KKN. Setelah pra acara selesai maka dilanjutkan dengan acara inti yaitu Pengajian Akbar yang disampaikan oleh Ustadz Suwardiman. Acara inti dimulai dengan lantunan Ayat-Ayat Suci Al Qur’an, selanjutnya sambutan-sambutan,yang mana sambutan pertama disampaikan oleh Ketua panitia dan dilanjutkan oleh Kepala Desa Giriharjo. Setelah sambutan Kepala Desa Giriharjo ada sesi serah terima cindera mata kenang-kenangan dari peserta KKN yang ada di Dusun Banyumeneng kepada Bapak Aris Eko Widiyanto selaku Kepala Desa. Dan acara terakhir sekaligus yang ditunggu-tunggu yaitu mau’idzoh khasanah selama kurang lebih 2 jam. Jamaah cukup antusias dalam mengikuti pengajian ini, sesekali Ustadz Suwardiman mengajak jamaah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an dengan metode bergantian, serta menyelipkan sebuah humor khasnya. Begitu juga dengan anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengajian akbar tersebut, apalagi TPAnya mendapatkan juara dalang ajang Festival Anak Sholeh. Dalam pengajian akbar tersebut juga mengundang beberapa tamu undangan yaitu Kepala Desa Giriharjo Bapak Aris Eko Widiyanto, S.Sos beserta seluruh perangkatnya dan juga para kepala dukuh Banyumeneng serta kepala RW dan RTnya. Selain itu panitia juga mengundang Babinsa serta Babin khamtibmas Desa Giriharjo untuk mengikuti serangkaian acara pengajian akbar. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tempat, konsumsi, cuaca, warga dalam kondisi yang baik dan mensupport pengajian akbar tersebut.


Demikian berita acara serta dokumentasi ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagai bukti sah atas terselengggarakannya kegiatan “Pengajian Akbar” semoga kegiatan tersebut bermanfaat dan mendapatkan barokah dari Alloh SWT.