DPU-DT LAKUKAN STUDY LAPANGAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN KE PT.INDMIRA
Sleman, 4 Januari 2017 tepatnya hari Rabu DPU Daarut Tauhiid beserta perwakilan warga dari Program Kampung Tauhiid Yogyakarta melakukan study lapangan dalam rangka persiapan pengguliran program ketahanan pangan tahun 2017. Adalah PT. Indmira menjadi pilihan dilaksanakanya program tersebut. PT. Indmira adalah sebuah perusahaan pertaniajn sekaligus lembaga pengembangan riset bidang pertanian yang telah memiliki banyak pengembangan program pertanian di Indonesia.
Pada kesempatan tersebut para peserta mendapatkan materi seputar pertanian, dan pembuatan pupuk organic cair. Ketersediaan bahan pembuatan pupuk cair sesungguhnya sangatlah melimpah di sekitar kita. Hampir setiap hari kita mengkonsumsi sayuran, dan ada beberapa bagian yang terbuang karena bukan dari bagian yang di masak dan hal tersebut belum dimanfaatkan sehingga terbuang sia-sia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan sekembalinya di kampong masing-masing, materi yang telah diterima harapannya bias dismapaikan ke warga yang lainya juga serta mampu menggerakkan warga untuk melakukan hal yang sama.
Pada kegiatan tersebut para peserta selain mendapatkan materi cara pembuatan pupuk cair organic baik teori maupun prakteknya, para peserta jugha diperkenalkan dengan jenis tanaman/ sayur-sayuran yang ada. Para peserta Nampak sangat antusias, dan mereka memiliki komitmen untuk bisa mempraktekan atas ilmu yang telah didapat di sana. “Alhamdulillah sangat bagus sekali ini Pas Yadi, pokonya nanti kita harus praktekan di rumah, kami sudah mulai menanam tanaman dengan polibek di samping rumah” ungkap Pak Sukemi salah satu warga kampong Tauhiid Dusun Puser yang berkesempatan ikut dalam kegiatan tersebut. Harapan kami semoga materi ini bisa diamalkan oleh warga Kampung Tauhiid, sehingga program ketahanan pangan bisa segera diwujudkan. Kuat secara aqidah, kuat pula ekonomi mereka.

By : Riyadi Suryana