Beasiswa Mahasiswa Khodimul Ummah (BesMa-KU) atau dulunya bernama Beasiswa Mandiri merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang aktif kuliah. BesMa-KU ini telah ada sejak tahun 2007 dengan kuota peserta hanya 6 mahasiswa/i. Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun itu BesMa-KU telah menjejaki angkatan ke X (2015) dengan waktu perekrutan 10 kali yang dalam setahun pernah terjadi 2 kali perekrutan dikarenakan satu dan lain hal yang mengharuskannya.
Beasiswa ini merekrut mahasiswa yang masih aktif kuliah, dalam artian selama belum lulus maka masih diperbolehkan mendaftar. Dan terbukti tidak hanya mahasiswa yang berada disemester 1-6 saja, bahkan selama masa perekrutan masih ada yang mendaftar dalam keadaan telah berada disemester akhir dan akan skripsi.
Alhamdulillah, pada beasiswa ini tidak hanya memberikan beasiswa berupa materi/financial, melainkan juga memberikan keilmuan agama, bersosial dimasyarakat langsung, berorganisasi dll tak terkecuali “memasak” (hhe, karena diasrama) selama 10 bulan dari penandatanganan MoU. Dengan proses, Pertama mengisi formulir yang bisa didapat dengan datang langsung ke Kantor DPU atau bisa didownload di www.beasiswajogja.org lalu dikumpulkan di Kantor DPU, Kedua mengikuti test tulis dan test kepribadian (DikSar) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh DPU-DT. Ketiga menunggu pengumuman hasil seleksi. Keempat menyepakati dan menandatangani MoU yang telah dibuat oleh DPU-DT.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk Pendaftarana Beasiswa Khodimul Ummah 2016 ini sbb :

SYARAT UMUM : 
1.  Islam 
2. Tidak Merokok 
3. Belum Menikah 
4. Masih Kuliah 
5. IPK Minimal 3.0 
6. Bersedia Aktif di DPUDT 
7. Bersedia diasramakan 
8. Berjiwa Sosial dan Dakwah 
9. Diutamakan Domisili di DIY 

Syarat Administratif : 
1. Foto 4x6 2buah 
2. Fotocopy Kartu Keluarga 
3. Fotocopy KTM & KTP 
4. Transkrip Nilai Keseluruhan / Raport (bagi semester 1) 
5. Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT 
6. Surat Keterangan Tidak Mendapat Beasiswa dari Kampus 
7. Mengisi Formulir Pendaftaran 
    - Download di www.beasiswajogja.org (Download DISINI)
    - Datang ke Kantor DPUDT Jogja 
Persyaratan dimasukkan Map Biru (Ikhwan), Merah (Akhwat) dan diserahkan ke Kantor DPU Daarut Tauhiid Yogyakarta Jl Agus Salim 56 A Notoprajan Ngampilan Yogyakarta (Alun2 Utara ke barat 500 m)